Menu Tutup

5 Cara Cek IMEI HP dan Pendaftarannya di Bea Cukai

Emei 1 & Emei 2

Cara cek IMEI Hp bisa dilakukan dengan mudah sendiri di rumah. Bahkan, Anda juga bisa mendaftarkan IMEI langsung di situs resmi Bea Cukai. IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang menjadi nomor identifikasi sebuah produk ponsel. Hal ini berguna untuk memastikan produk yang Anda miliki bukanlah barang ilegal.

5 Cara Cek IMEI HP dan Pendaftarannya di Bea Cukai

Lihat kardus

Jika masih belum mengetahui nomor IMEI, Anda dapat melihatnya di kardus atau box smartphone. Di bagian samping atau bawah kardus biasanya tertera berbagai macam nomor, Salah satunya adalah nomor IMEI smartphone tersebut.

Nomor IMEI ini terdiri dari 15 digit kombinasi angka. Namun, tidak semua nomor IMEI yang tercantum itu nomor resmi. Ada beberapa IMEI ilegal yang beredar di pasaran. Salah satu ciri jika smartphone tersebut tidak resmi adalah tidak bisa menggunakan kartu SIM

Atau hanya bisa menggunakan wifi dan kartu SIM tertentu saja. Jika Anda membeli smartphone dan mengalami kondisi ini, perlu dicurigai bahwa IMEI yang dimiliki smartphone itu belum terdaftar secara resmi.

Lihat di pengaturan

Cara kedua untuk melihat nomor IMEI adalah melihat di pengaturan. Di dalam informasi mengenai jenis smartphone, tercantum juga nomor IMEI yang berlaku. Langkah ini bisa dilakukan untuk mengecek apakah itu IMEI resmi atau bukan.

Cara cek IMEI di Hp android resmi adalah dengan membandingkan dengan nomor IMEI yang tertera di kardus. Jika nomornya berbeda, maka perlu dicurigai bahwa itu bukan IMEI resmi melainkan IMEI ilegal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat segera mendaftarkan nomor IMEI yang tertera di smartphone. Jangan gunakan nomor IMEI di box karena bisa jadi itu bukan box asli milik smartphone yang dibeli.

Baca Juga  Plus Minus Fitur Drone DJI Tello yang Ramah Pemula

Lihat melalui kode USSD

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan melalui kode USSD. Cara ini dapat dilakukan untuk mengetahui apakah nomor IMEI milik Anda memang terdaftar secara resmi atau tidak.

Caranya adalah dengan membuka keypad di smartphone. Kemudian ketik *#06# kemudian klik call atau lakukan panggilan. Nanti akan muncuk nomor IMEI smartphone dan juga barcode yang bisa dicam.

Lalu cocokkan dengan nomor IMEI yang ada di box smartphone. Jika sama, berarti nomor IMEI milik smartphone Anda sudah terdaftar di kementerian secara resmi. Langkah ini merupakan langkah paling mudah untuk mengetahui cara cek IMEI Hp iphone.

Cak di situs Kemenperin

Jika masih belum terlalu yakin, Anda juga bisa mengecek IMEI langsung di website Kementerian Perindustrian. Caranya adalah dengan mengunjungi laman resmi milik Kemenperin, yaitu kemenperin.go.id.

Kemudian pilih menu “Cek IMEI”. Selanjutnya masukan nomor IMEI milik Anda, kemudian klik “cari”. Jika IMEI milik Anda resmi, nanti akan muncul status sudah terdaftar. Jika tidak, status yang muncul akan menunjukkan smartphone belum terdaftar.

Mendaftarkan IMEI

Ada beberapa penyebab mengapa IMEI belum terdaftar, terutama jika membeli smartphone di luar negeri. Untuk melakukan pendaftaran IMEI dari smartphone yang di beli di luar negeri biasanya membutuhkan biaya tertentu.

Biaya ini masuk ke dalam biaya bea masuk dan pajak. Pembayaran harus di lakukan agar bisa melakukan pendaftaran IMEI melalui aplikasi atau situs remi dari Bea Cukai. Jika tidak melakukan pembayaran tersebut, IMEI tidak bisa di daftarkan secara resmi.

Risikonya adalah smartphone tidak dapat di gunakan di negara Indonesia dengan normal. Kemudian risiko IMEI di blokir pun akan sangat mungkin untuk dialami. Oleh karena itu, pendaftaran IMEI wajib di lakukan jika membeli smartphone dari luar negeri.

Baca Juga  Edifier W820NB Plus, Headphone dengan Baterai Paling Awet

Cara cek IMEI HP di atas dapat di lakukan dengan mudah oleh siapa saja dan di mana saja. Ikuti langkah-langkahnya dengan benar agar pengecekan IMEI berhasil di lakukan.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *