Menu Tutup

7 Tips Merawat Baterai Motor Listrik Supaya Awet

Sepeda Listrik

Bagi Anda yang memiliki motor listrik, perlu simak beberapa tips merawat baterai motor listrik agar tidak salah. Kendaraan tersebut perlu dirawat secara ekstra mengingat menggunakan sumber daya baterai yang sedikit berbeda daripada motor pada umumnya. Perawatan tersebut dilakukan agar umur motor panjang dan nyaman digunakan sehari-hari.

Ini Dia Tips Merawat Baterai Motor Listrik

Hindari memukul baterai

Jika baterai mengalami penurunan performa, jangan dipukul karena hal tersebut akan memberikan dampak yang lebih parah. Hal yang ditakutkan ialah komponen pada baterai akan terlepas.

Tipsnya, pastikan saat mengisi daya baterai dalam keadaan aman dan diletakkan dalam posisi yang aman pula. Hindari membawa motor di jalanan yang jelek agar mesin dan baterai motor tidak berbenturan begitu keras.

Jangan langsung mengisi daya ketika motor baru berhenti

Motor listrik yang baru saja di gunakan, mesinnya masih panas. Jika dilihat baterai sudah mulai menurun, tunggu beberapa saat kurang lebih selama 30 menit. Waktu tersebut cukup untuk menetralkan suhu mesin dan baterai motor listrik.

Ini merupakan salah satu tips merawat baterai motor listrik yang mudah untuk dilakukan. Suhu baterai yang sudah stabil bisa langsung di isi kembali dayanya hingga persentase angka menunjukkan sekitar 90 persen.

Parkir motor di tempat yang sejuk

Sinar matahari yang terik bisa membuat kinerja baterai menurun. Dengan itu, pastikan untuk memarkirkan motor listrik di ruangan tertutup atau di atasnya terdapat atap agar baterai motor tersebut bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Terik matahari bisa menghantarkan panas litium. Baterai motor listrik menggunakan baterai litium. Oleh karena itu, jangan biarkan motor dalam paparan sinar matahari yang cukup lama agar kinerja motor tidak mengalai kerusakan fatal.

Baca Juga  6 Tips Merawat Kampas Motor Agar Tidak Mudah Aus

Hindari mengisi daya di bawah 20 persen

Tips merawat baterai motor listrik agar tidak cepat rusak, yakni dengan menghindari mengisi daya baterai jika sudah di bawah 20 persen. Persentase baterai yang rendah akan memberikan dampak buruk bagi motor Anda.

Rendahnya daya tersebut bisa menurunkan kinerja baterai. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan mengisi ulang daya ketika persentase masih di atas 20 persen. Minimal dalam kondisi 25 persen. Dengan itu performa motor akan tetap terjaga.

Jangan isi baterai terlalu lama

Wajib untuk mengisi daya secara rutin, tetapi jangan lupa untuk melihat waktu. Pastikan untuk menghitung waktu saat mengisi daya agar tidak kelebihan sehingga membuat kinerja motor menjadi buruk. Sabar untuk menunggu baterai hingga full sangat di sarankan.

Anda bisa menunggu persentase baterai hingga 90-95 persen. Persentase tersebut cukup baik karena tidak berlebihan tetapi tetap penuh dan bisa di gunakan dalam waktu dua hingga tiga hari. Jika mengisi daya terlalu lama akan menimbulkan panas sehingga kinerja baterai menjadi tidak maksimal lagi.

Hindari penggunaan charger yang tidak orisinal

Penggunaan charger yang tidak resmi akan memberikan dampak buru pula bagi baterai motor listrik sehingga menurunkan kinerjanya saat sedang di gunakan. Pastikan untuk menggunakan charger orisinal yang tentunya sudah resmi dan cocok untuk mengisi daya.

Menggunakan charger yang tidak orisinal tentu memberikan waktu yang singkat ketika mengisi daya. Tetapi, efeknya sangat buruk, bahkan bisa membuat motor mengalami kerusakan.

Isi baterai secara berkala

Pastikan untuk mengisi baterai motor listrik secara berkala. Hal ini juga menjadi tips merawat baterai motor listrik. Walaupun motor jarang di gunakan, juga harus tetap mengisi daya baterai secara berkala juga.

Baca Juga  9 Tips Membeli Mobil Listrik yang Terbaik

Anda bisa mengisi daya secara rutin setiap dua hingga tiga hari sekali. Dengan itu, performa motor listrik akan tetap terjaga dan bisa di gunakan dengan nyaman dan tentunya aman.