Menu Tutup

Tips Merawat AC Mobil Agar Tidak Rusak, Tetap Dingin!

AC Mobil

Tips merawat AC mobil perlu diketahui oleh pemilik mobil mengingat fungsi AC sangat penting. AC harus berfungsi secara optimal agar penumpang merasa nyaman ketika dalam perjalanan. AC sendiri mampu mendinginkan suhu ruangan mobil sehingga Anda tidak merasa kepanasan meskipun cuaca di luar panas.

Tidak hanya saat musim panas, AC berperan penting ketika musim hujan. Pada saat hujan, kaca mobil akan berembun lantaran adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar mobil. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut pengendara harus menyalakan AC. Agar AC mobil tahan lama, silakan ikuti tips berikut.

Ini Dia Tips Merawat AC Mobil Secara Tepat

Bersihkan Kondensor AC Secara Rutin

AC terdiri dari beragam komponen, salah satunya yaitu kondensor. Kondensor berfungsi untuk mengubah gas atau freon bertekanan tinggi menjadi zat cair. Dengan begitu AC bisa terasa dingin. Tips Merawat AC mobil agar tahan lama, lakukan pembersihan kondensator AC secara rutin. Pastikan juga kondensator bersih dari kotoran maupun debu yang menempel karena dapat menimbulkan kebocoran serta korosi.

Pastikan Filter Kabin Selalu Bersih

Filter kabin mobil adalah alat saringan udara yang teretak di dalam mobil. Umumnya filter kabin pada mobil buatan Korea atau Jepang dipasang pada blower yang merupakan bagian dari sistem AC. Letaknya berada di belakang laci dashboard.

Fungsi dari filter kabin sendiri yaitu untuk menghalau debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam mobil. Seiring berjalannya waktu, filter kabin akan berubah kotor. Jika kondisi sudah tidak memungkinkan, Anda perlu mengganti filter kabin supaya AC dapat bekerja secara optimal.

Hindari Mematikan AC dalam Waktu Lama

Tips merawat AC mobil praktis berikutnya adalah jangan mematikan AC dalam waktu yang lama. Sebagian orang mungkin melakukannya untuk menghemat bahan bakar. Namun faktanya AC mengonsumsi lebih banyak bahan bakar ketika AC diaktifkan pada suhu paling rendah. Oleh karena itu agar AC mobil menjadi awet, jangan matikan AC dan gunakan secara normal.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa ke Bengkel

Ketika AC mobil jarang atau tidak pernah dipakai dalam waktu lama, saluran pendingin akan dipenuhi dengan endapan debu. Tidak hanya itu, kualitas udara di dalam mobil dapat menurun ketika mobil digunakan.

Agar AC tetap awet dan mampu beroperasi secara optimal, panaskan mesin mobil dan sembari nyalakan AC kurang lebih 5 – 10 menit minimal sekali dalam seminggu. Dengan begitu pendingin freon tidak akan menimbulkan endapan serta sirkulasi udara di dalam mobil tetap terjaga.

Pastikan Kebersihan Kabin Mobil Selalu Terjaga

Semua jenis mobil wajib untuk menjaga kebersihan bagian dalam kabin. Ketika kabin kotor, debu-debu akan masuk ke filter AC dan mengganggu kerja AC. Apabila hal tersebut terjadi, kabin mobil akan terasa panas dan sumpek walaupun AC sudah menyala.

Hindari Membuka Jendela Ketika AC Menyala

Pastikan ketika AC sedang di nyalakan, jendela mobil dalam keadaan tertutup. Hal ini di karenakan AC mobil tidak mampu mendinginkan ruangan berukuran besar. Ketika jendela terbuka, AC akan bekerja semakin ekstra karena debu dan kotoran dari luar masuk ke dalam filter AC.

Gunakan AC Secara Tepat

Penggunaan AC yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerjanya. Kesalahan yang sering di lakukan para pengemudi adalah menyalakan AC secara langsung saat kabin dalam kondisi suhu panas setelah di parkir di luar ruangan. Hal tersebut membuat AC bekerja lebih keras agar suhu kabin menjadi dingin.

Tips merawat AC mobil yang bisa dilakukan adalah membuka semua jendela mobil terlebih dahulu. Setelah sirkulasi udara berganti, tutup jendela dan nyalakan AC. Langkah ini tidak hanya bermanfaat untuk performa AC, tetapi juga mampu mencegah efek negatif bagi kesehatan. Mengingat udara panas dari kabin memiliki sifat karsinogen yang merupakan penyebab penyakit kanker.