Menu Tutup

6 Tips Merawat Kampas Motor Agar Tidak Mudah Aus

Kampas Rem

Ini dia tips merawat kampas motor yang tidak boleh disepelekan agar kampas tetap awet saat digunakan. Komponen penting pada sebuah kendaraan salah satunya ialah kampas. Kampas tersebut berada di bagian rem yang dapat membantu kendaraan untuk menghentikan perjalanan. Komponen ini sangat perlu diperhatikan dan Anda bisa melakukan perawatan sendiri dengan cara berikut.

Tips Merawat Kampas Motor Agar Tidak Mudah Aus

Jangan Terlalu Sering Rem Mendadak

Ketika sedang mengendarai motor, pastikan Anda dalam kondisi yang sehat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Saat mengendarai motor tentu tidak terlepas dari yang namanya mengerem. Berkendaralah dengan hati-hati, jangan terlalu tegang dan menggunakan rem dengan sering karena akan merusak performa kampas.

Akan berbahaya juga jika melakukan rem secara tiba-tiba. Bisa saja kendaraan di belakang menabrak motor Anda. Oleh karena itu, jika mengendarai motor, pastikan sudah memiliki sertifikat yang resmi, yakni SIM C. Sertifikat tersebut akan membuktikan bahwa pengendara sudah memiliki bekal yang baik saat mengendara.

Pastikan Bantalan Motor Selalu Terlumasi

Tips merawat kampas motor agar nyaman di gunakan yang bisa Anda lakukan selanjutnya ialah memastikan bantalan pada motor harus selalu di beri pelumas. Komponen tersebut berguna untuk mengurangi gesekan pada velg sehingga bagian roda dapat berputar secara stabil dan tentunya nyaman di gunakan.

Beri pelumas secara rutin agar komponen tersebut tetap bisa bekerja secara maksimal ketika motor sedang digunakan. Pastikan pelumas yang digunakan tidak abal-abal agar performa motor tetap terjaga. Gunakan pelumas yang berkualitas, yang sudah beredar di pasaran secara legal.

Bersihkan Kampas Dengan Rutin

Pastikan kampas dalam keadaan yang bersih. Anda bisa membersihkan bagian tersebut secara rutin, apalagi jika menggunakan motor dalam perjalanan yang cukup jauh. Kampas motor yang kotor akan menghambat kinerja motor itu sendiri, jika tidak rutin di bersihkan tentu saja akan menimbulkan dampak buruk pada motor tersebut.

Baca Juga  Tips Memilih Kaca Film Mobil dan Fungsi Pentingnya

Cara membersihkannya juga mudah, cukup dengan menggunakan air bersih. Bisa langsung di siram di bagian yang kotor menggunakan semprotan khusus atau bisa menggunakan kain lap yang tidak kasar. Pastikan untuk membersihkannya dengan teliti, tidak ada kotoran, debu, pasir yang menempel di bagian tersebut.

Pastikan Ada Jarak Antara Kampas Dengan Piringan Cakram

Tips merawat kampas motor dengan mudah yang selanjutnya ialah memastikan bahwa jarak antara piringan cakram dan kampas haruslah ada ruang yang lumayan lebar. Tujuannya tentu saja agar tidak terjadi gesekan yang keras antara dua komponen tersebut ketika sedang mengerem.

Jika di rasa kedua komponen tersebut mulai tidak ada jarak, coba untuk mengaturnya. Anda bisa meminta bantuan dari orang bengkel untuk meningkatkan kinerja kampas dan rem. Pastikan tidak ada gesekan yang terjadi sehingga kendaraan tetap bisa di gunakan dengan nyaman dan juga aman.

Cek Kondisinya Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Anda bisa mengecek keadaan motor terlebih dahulu sebelum di gunakan. Apalagi jika motor tersebut sudah lama tidak di gunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal yang paling penting ialah melihat performa dari motor tersebut.

Periksa bahan bakar, ban, dan juga rem. Pada bagian rem motor, cek kondisi kampas dan piringan cakram. Jika terlihat kotor, bersihkan terlebih dahulu agar kinerjanya kembali stabil. Berikan juga pelumas agar rem mudah untuk diaplikasikan.

Hindari Berkendara Dalam Kecepatan Tinggi

Berkendara dengan hati-hati untuk menghindari kecelakaan lalu lintas. Penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas ialah mengendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi dan sulit untuk mengerem.

Bagian rem tersebut perlu Anda ketahui tips merawat kampas motor dan juga piringan cakram agar bisa di gunakan ketika sedang dalam kondisi darurat. Tetapi, tetap pastikan tidak mengendarai motor dalam kecepatan tinggi dan melakukan rem secara mendadak karena akan membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya.

Baca Juga  Cara Merawat Smart Key Motor Agar Tidak Mudah Rusak