Menu Tutup

Tips Memilih Kaca Film Mobil dan Fungsi Pentingnya

Kaca Film Mobil

Informasi tentang tips memilih kaca film mobil ada baiknya diketahui sebelum membelinya untuk mobil Anda. Karena kaca film mobil mempunyai fungsi penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan ketika berkendara.

Fungsi kaca film paling umum adalah untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam mobil. Selain itu juga berfungsi untuk meminimalisir risiko kejahatan dan menciptakan ruang privasi bagi penumpang. Fungsi lainnya adalah untuk menjaga penumpang dari risiko luka-luka akibat benturan. Mengingat kaca film terbuat dari bahan yang kuat seperti poliester, logam serta perekat khusus.

Beberapa Tips Memilih Kaca Film Mobil

Pilih Kaca Sesuai Warna Mobil

Saat memilih kaca, hal yang harus dipertimbangkan adalah warnanya harus sesuai dengan warna mobil Anda. Pemilihan warna akan berpengaruh terhadap nilai keindahan mobil. Apabila warna yang dipilih tidak sesuai, nilai estetika mobil menurun bahkan terlihat berantakan karena warnanya saling bertabrakan.

Sesuaikan dengan Budget yang Tersedia

Ada baiknya sebelum memilih kaca film, Anda sudah memastikan jumlah budget yang tersedia. Jika sudah memastikan budget akan lebih mudah untuk mencarinya. Untuk tips memilih kaca film mobil berkualitas, bisa konsultasi dengan penjual supaya diarahkan untuk mendapatkan produk terbaik dengan arga yang sesuai. Hindari membeli kaca film dengan harga paling murah karena kualitasnya sering kali dipertanyakan.

Berasal dari Merek yang Terpercaya

Agar kualitasnya terjamin dan tidak ada keraguan sedikit pun di benak Anda, pilih kaca film mobil dari merek terpercaya. Biasanya merek-merek ini sudah ada sejak lama dan masih eksis hingga kini karena kualitasnya.

Dengan begitu mereka lebih memahami bagaimana karakter cuaca dan pengguna di wilayah tersebut. Dengan begitu pengemudi tidak perlu ragu apabila kaca film yang di gunakan di rasa kurang nyaman dan tidak cocok.

Baca Juga  Cara Merawat Komponen Motor Setelah Lebaran

Pilih Kaca Film dengan Fitur UV 400

Tips memilih kaca film mobil terbaik berikutnya yang harus di lakukan adalah pastikan kaca tersebut memiliki fitur UV 400. Mengingat fungsi utama kaca film untuk menahan panas matahari, sudah seharusnya kaca film di lengkapi dengan fitur UV 400 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung. Bahkan fitur ini mampu memblokir sinar matahari hingga 99%. Sehingga suhu di dalam kabin lebih nyaman.

Pilih Tingkat Kegelapan yang Sesuai

Mungkin banyak yang berasumsi bahwa semakin gelap kaca film akan semakin baik karena privasinya lebih terjaga sehingga lebih aman dan nyaman. Akan tetapi asumsi tersebut tidak benar dan justru dapat menimbulkan risiko keselamatan bagi penumpang.

Berdasarkan informasi dari Surat Keputusan Menteri Perhubungan, ada baiknya tidak memilih kaca film terlalu gelap. Pada kendaraan bermotor, penembusan cahaya pada kaca berwarna maupun kaca yang di lapisi bahan berwarna atau film coating tidak di perkenankan kurang dari 70%.

Sementara untuk bagian kaca belakang dan kaca depan mobil boleh menggunakan kaca berwarna dengan penembusan cahaya tidak boleh kurang dari 40% di sepanjang sisi atas yang memiliki lebar tidak lebih dari sepertiga tinggi kaca yang di gunakan.

Pilih yang Menyediakan Layanan Purna Jual Terbaik

Memilih kaca film mobil tidak hanya melihat kualitas dan harga saja, tetapi juga tersedia layanan purna jual. Dengan adanya layanan purnajual yang baik, dapat di pastikan perusahaan akan melayani Anda ketika terdapat keluhan mengenai kondisi produk ketika transaksi selesai.

Layanan purnajual akan mempengaruhi kualitas produk karena perusahaan bersangkutan hanya akan menjual produk terbaik dan layanan tersebut hadir untuk memastikannya.

Baca Juga  Fungsi Tombol Setir Mobil Suzuki XL7 Hybrid Terbaru

Layanan purnajual yang baik terdiri dari garansi pengelupasan, keretakan, perubahan warna, demetalisasi yang dapat di akibatkan adanya kesalahan dari penggunaan bahan atau pada saat instalasi.

Demikian informasi mengenai tips memilih kaca film mobil. Perlu di ingat untuk pemasangan dan pemilihannya bisa meminta bantuan profesional.