Menu Tutup

Suzuki XL7 Smart Hybrid, Versi Terbaru SUV Suzuki

Suzuki XL7

Suzuki XL7 Smart Hybrid merupakan keluaran terbaru dari PT Suzuki Indonesia Sales. Varian terbaru ini memiliki beberapa perubahan, salah satu yang cukup signifikan terletak di bagian dapur pacunya. Saat ini seluruh varian XL7 telah menerapkan smart hybrid dengan beberapa pilihan tipe. Berikut wujud dari Low SUV Suzuki versi terbaru.

Tampilan Suzuki XL7 Smart Hybrid

XL7 masih mempertahankan desai yang serupa dengan Suzuki Ertiga terbaru pada bagian eksterior. Di desain dengan kap mesin yang tegak dan lampu utama yang terhubung dengan gril. Selain itu di bagian samping disematkan cladding pada overfender.

Untuk dimensinya, varian ini tetap serupa dengan model sebelumnya. Dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm, dan ground clearance 200 mm.

Penggunaan gril depan berwarna hitam untuk tipe Alpha dan Beta adalah perubahan paling signifikan pada produk ini. Untuk tipe Zeta masih sepertinya sebelumnya, yaitu menggunakan gril krom. Selain penggunaan gril depan berwarna hitam, kini tipe Alpha dan Beta menggunakan velg black alloy berukuran 16 inci dengan tambahan emblem Hybrid di bagian belakang.

Review Suzuki XL7 Smart Hybrid untuk bagian interior, tampilan didominasi dengan warna abu-abu dan hitam. Selain itu bagian dashboard didesain dengan motif kayu berwarna hitam glossy.

Performa

Varian Beta dan Alpha telah mengusung teknologi mild hybrid yaitu Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang serupa dengan Ertiga. Untuk mesinnya mobil ini menggunakan mesin K15B dengan kapasitas 1.462 cc, 4 silinder dan 16 katup. Mesin tersebut juga dihubungkan dengan baterai lithium-ion berkapasitas 10Ah 12V. Dimana baterai ini pun diintegrasikan dengan Integrated Starter Generator (ISG).

Tenaga Suzuki XL7 Smart Hybrid menggunakan baterai berkapasitas lebih besar dibandingkan dengan Ertiga Hybrid yang dilengkapi dengan baterai lithium-ion 6Ah 12V. Namun perbedaan tersebut tidak begitu signifikan dilihat dari dimensi baterainya. Posisi baterainya pun tetap di letakan di bawah jok penumpang.

Baca Juga  7 Tips Merawat Baterai Motor Listrik Supaya Awet

Generator dan baterai mampu menyumbang tenaga untuk akselerasi lebih responsif dan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Cara kerja dengan menggantikan peran alternator melalui pemasangan komponen ISG. Komponen ini berguna untuk meringankan kinerja mesin supaya konsumsi bahan bakar lebih hemat. Tenaga ISG di peroleh dari baterai lithium-ion.

Pada saat berakselerasi komponen ISG akan membantu putaran mesin pada saat kondisi baterai penuh. Ketika mobil bergerak melambat, komponen ISG akan mengubah energi gerak sebagai sumber daya baterai. Fitur start-stop akan menyala dan mematikan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti. ISG akan tetap menyala untuk mengirimkan daya pada komponen listrik kendaraan.

Fitur

Spesifikasi Suzuki XL7 Smart Hybrid selanjutnya adalah fitur yang di tawarkan varian terbaru dari Suzuki. XL7 di lengkapi dengan touch panel audio berukuran 8 inci di bagian kabin. Selain itu terdapat fitur lain seperti E-Mirro Touch Screen, USB dan Aux Input. Sementara untuk varian Alpha, terdapat fitur tambahan meliputi automatic air conditioner with heater dan cruise control.

Harga dan Varian

XL7 hadir dalam beberapa pilihan warna, untuk varian Beta dan Zeta tersedia empat warna yaitu Metallic Magma Grey, Snow White Pearl, Cool Black, dan Pearl Brave Khaki, Sedangkan untuk varian Alpha tersedia warna Sunrise Orange – Black, New Savana Ivory 2, Cool Black, dan White – Black.

Adapun untuk harganya bervariasi sesuai dengan pilihan tipe. Di mulai dari varian:

  • Zeta M/T dengan harga Rp256.100.000
  • Zeta A/T Rp267.000.000
  • Smart Hybrid Beta M/T Rp283.900.000
  • Hybrid Beta A/T Rp 294.900.000
  • Smart Hybrid Alpha M/T Rp293.900.000
  • Smart Hybrid Alpha A/T Rp304.000.000

Demikian informasi seputar review Suzuki XL7 Smart Hybrid, mobil SUV terbaru pabrikan Jepang ini.