Menu Tutup

Samsung Galaxy Z Fold 5 Performa Unggul Anti Gimmick!

Galaxy Z Fold 5

Samsung kembali mengeluarkan smartphone seri Z terbaru, yaitu Samsung Galaxy Fold 5. Sebagai salah satu pelopor smartphone android lipat di Indonesia, inovasi ini merupakan salah satu yang terbaik. Galaxy Z Fold 5 menawarkan sejumlah pengalaman menarik bagi penggunanya.

Samsung Galaxy Z Fold 5 Performa dan Design

Perubahan pada seri terbaru ini memang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Namun, justru hal ini yang menarik perhatian. Taktik Samsung satu ini menunjukkan kualitas yang dimiliki seri ini tidak memerlukan campaign berlebihan.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan ada dari bobotnya. Smartphone ini memang memiliki bobot cukup besar karena bentuknya yang bisa dilipat. Pada seri ini, bobotnya berada di rentang 250 gram saja. Ini tentu lebih ringan dibandingkan seri sebelumnya.

Bobot ini membawa kenyamanan bagi pengguna ketika menggunakan smartphone saat sedang beraktivitas. Dari ukuran layar, smartphone ini menawarkan 2 jenis layar. Layar utama memiliki luas sebesar 7,6 inch. Sedangkan layar sekundernya memiliki luas sebesar 6,2 inch.

Smartphone ini menggunakan chipset Snapdagon 8 Gen 1 dengan CPU mencapai 18% serta NPU mencapai 25%. Keunggulan performa ini ditunjukkan dengan peningkatan performa saat memainkan game yang berat.

Tak hanya itu, Samsung juga memberikan klaim bahwa daya tahan baterai smartphone ini mencapai 73 jam. Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5 ini memang tidak main-main. Bahkan setelah digunakan seharian penuh, baterainya hanya berkurang 30% saja.

Fitur

Sama dengan model terdahulunya, smartphone ini juga sudah di lengkapi dengan sertifikat IPX8. Ini menunjukkan ketahanan smartphone dari air dan debu. Fitur paling menarrik dari smartphone ini adalah kemampuannya untuk melakukan “multi window”.

Fitur ini akan memberikan pengguna untuk mengakses 3 aplikasi sekaligus dalam 1 layar. Bahkan semua aplikasi tersebut dapat di tampilkan dalam kondisi fullscreen berkat luas layar yang di miliki oleh smartphone ini.

Baca Juga  7 Kelebihan Fujifilm Instax Mini 8 dan Kekurangannya

Kemudian terdapat juga “flex mode panel”. Fitur ini memberikan akses bagi pengguna untuk mengontrol tampilan media pada layar menjadi mode terlipat. Hanya saja fitur ini baru bisa bekerja pada 2 aplikasi, yaitu Chrome dan YouTube.

Yang paling penting, kemampuan proteksi dari smartphone ini semakin meningkat. Di bagian layarnya sudah di lapisi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2.  Satu-satunya kekurangan yang di miliki smartphone ini adalah ketidaktersediaan slot micro SD.

Jadi, pengguna harus bergantung pada memori internal saja. Untungnya, memori internal yang di tawarkan mencapai 1 TB dengan RAM sebesar 12 GB.

Kamera

Tak tanggung-tanggung, Z Fold 5 ini menggunakan 5 kamera dalam 1 smartphone. 3 kamera utama berada area punggung dengan resolusi 50 MP untuk wide camera, 10MP untuk telephoto, dan 12MP untuk ultrawide camera.

2 kamera sisanya merupakan kamera depan dengan resolusi 10 MP di bagian coverscreen dan 4MP di layar utama. Review Samsung Galaxy Z Fold 5 di bagian kamera ini menunjukkan kualitas yang sangat mumpuni seperti Samsung Z series lainnya.

Di tambah lagi teknologi AI yang membuat hasil tangkapan lebih tajam. Fitur daylight dan night mode pada smartphone ini pun bekerja secara maksimal. Hasil tangkapan gambar terlihat jernih dan warna yang di hasilkan pun tajam.

Desain

Desain smartphone ini tidak terlalu berbeda dengan model sebelumnya. Hanya saja ukurannya lebih ringan dengan desain layar yang lebih mulus. Tidak terdapat lagi lekukan yang terlihat patah saat layar di gunakan secara fullscreen.

Varian warna yang di tawarkan pun cukup beragam. Tersedia warna Phantom Black, Crean, Gray, Icy Blue, dan Blue.

Harga

Saat pertama kali rilis, harga Samsung Galaxy Z Fold 5 ini berada di kisaran 25 hingga 30 juta tergantung dari kapasitas yang di pilih. Untuk harga tersebut, spesifikasi dan pengalaman yang di tawarkan dapat di katakan cukup sebanding.