Menu Tutup

Pelajari 5 Teknik Naik Motor Trail Agar Aman Bagi Pemula

Motor Trail

Tahukah Anda bahwa ada teknik naik motor trail khusus agar berkendara tetap aman dan nyaman? Ternyata naik motor trail tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu menguasai beberapa teknik berkendara tertentu agar minim risiko kecelakaan. Berikut ini kami bagikan cara mengendarai motor trail yang aman untuk pemula.

Pelajari 5 Teknik Naik Motor Ini Trail Agar Aman

Melewati genangan air

Salah satu medan yang paling sering dilewati ketika sedang melakukan perjalanan bersama komunitas adalah genangan air atau sungai dangkal. Untuk melewati medan ini diperlukan teknik khusus agar tetap aman dari risiko kecelakaan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek lintasan. Jadi, pengendara harus turun terlebih dahulu dari motor untuk melihat kondisi genangan air atau arus sungai secara langsung.

Pastikan lintasan bisa dilewati motor dan arusnya tidak terlalu kencang. Perhatikan kecepatan motor saat melintasi medan tersebut. Kemudian turunkan 1 kaki untuk menjaga keseimbangan sebagai antisipasi medan yang terjal dan tidak rata.

Jangan mengangkat kaki saat melewati medan seperti ini. Hal tersebut bisa menyebabkan pengendara kehilangan keseimbangan dan terjatuh dari motor. Kejadian tersebut bisa semakin parah jika pengendara lain kagok dan jadi ikut terjatuh juga.

Melewati turunan atau tanjakan

Medan lain yang paling sering ditemui adalah turunan dan tanjakan. Melewati kedua medan ini membutuhkan teknik naik motor trail yang benar agar terhindar dari potensi kecelakaan.

Ketika melewati turunan, pengendara hendaknya tidak hanya fokus untuk menggunakan rem depan. Kemudian condongkan tubuh ke arah belakang, dan lutut di bagian kanan kiri menjepit badan motor trail.

Hal ini di lakukan untuk menjaga keseimbangan agar beban tidak bertumpu di bagian depan saja. Selain itu, gunakan gigi rendah dan tidak membuka gas ketika melewati turunan. Berusahalah untuk serelaks mungkin sambil mengikuti arah ban belakang.

Baca Juga  Hindari Risiko Saat Kecelakaan! Berikut Teknik Aman Jatuh dari Motor

Teknik sebaliknya di gunakan ketika melewati tanjakan. Condongkan tubuh ke bagian depan motor trail agar beban bertumpu di depan saja. Hal ini di lakukan agar ketika menanjak, roda depan tidak terangkat dan tidak akan terguling ke belakang.

Lakukan persiapan

Teknik naik motor trail yang aman adalah dengan selalu melakukan persiapan secara matang. Periksa kondisi motor, persiapan alat pelindung, obat-obatan, dan juga kondisi tubuh. Hal ini sangat penting dan tidak boleh di lewatkan.

Persiapan seperti ini merupakan salah satu tips berkendara agar tetap aman dan nyaman. Ketika merasa lelah saat berkendara sebaiknya istirahat sejenak agar kondisi tubuh kembali fit dan bisa melanjutkan perjalanan.

Hindari menggeber gas

Jangan lakukan hal-hal yang tidak perlu selama perjalanan. Misalnya menggeber-geber gas atau melakukan atraksi di jalanan yang berpotensi mencelakai diri sendiri serta pengguna jalan lain.

Hal ini perlu di ingat oleh semua pengendara. Menjaga keamanan dan keselamatan adalah hal paling utama yang harus di pegang ketika sedang berkendara, Terutama ketika melakukan perjalanan dengan motor trail bersama komunitas.

Sportivitas antar sesama dan kontrol emosi

Yang terakhir adalah selalu membantu teman yang mengalami kesulitan di jalan. Sesama teman komunitas harus saling bahu-membahu jika ada yang mengalami hal-hal tidak terduga. Selain itu, kontrol emosi agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Teknik naik motor trail di atas bisa di terapkan ketika Anda akan melakukan perjalanan bersama komunitas motor trail. Pastikan selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan berkendara untuk memperkecil risiko kecelakaan di jalan.