Menu Tutup

Hindari Risiko Saat Kecelakaan! Berikut Teknik Aman Jatuh dari Motor

Kecelakaan

Setiap pengendara motor perlu mengetahui teknik aman jatuh dari motor agar tidak menimbulkan cedera yang serius. Mengendarai sepeda motor tentunya memiliki risiko yang besar terjadinya kecelakaan, apalagi jika tidak hati-hati. Mengendarai dengan tenang saja masih banyak terjadi potensi bahaya yang bisa saja datang, contohnya jatuh dari motor.

Begini Teknik Aman Jatuh dari Motor

Berguling ke kiri

Teknik pertama yang dapat Anda lakukan jika terjatuh dari motor ialah, berguling ke arah kiri. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kendaraan lain yang biasanya akan melewati sisi kanan. Seperti yang diketahui bahwa motor yang ada di Indonesia memiliki lajur sebelah kiri.

Cara yang satu ini dapat menghindari terjadinya risiko terseret ke area dalam motor. Bisa juga tergeser terbawa laju motor yang bisa berdampak buruk bagi badan Anda. Oleh karena itu, jika sudah merasakan oleng, dengan cepat jatuhkan badan ke arah kiri. Jika sempat, jangan lupa untuk melihat kaca spion untuk menghindari motor dari kiri.

Melipat tangan di depan dada

Teknik aman jatuh dari motor agar tidak luka parah ialah dengan melakukan gestur melipat tangan di depan dada dan sedikit menunduk hingga dagu hampir menyentuh dada juga.

Hal ini disarankan untuk dilakukan untuk menghindari benturan yang terlalu kuat saat menjauhkan diri dari motor dengan cara berguling ke samping kiri. Saat terjatuh, usahakan benturan terkena bagian belakang bahu. Sementara tangan yang dilipat bertujuan untuk mereduksi bagian tubuh yang rawan cedera.

Jangan langsung berdiri

Setelah terjatuh, jangan langsung mengambil posisi berdiri. Ada baiknya Anda duduk sebentar sembari mengecek sekujur tubuh, apakah ada yang terluka atau terasa sakit di bagian tertentu akibat benturan atau gesekan yang terjadi. Jangan panik jika terdapat luka di beberapa bagian tubuh.

Baca Juga  5 Tips Memilih Cover Mobil Agar Tidak Rugi dan Sesuai Fungsi

Gerakkan juga setiap persendian Anda untuk merasakan apakah ada yang sakit akibat terjatuh. Periksa juga napas untuk mengetahui kondisi tubuh setelah terjatuh. Jika terdapat luka yang besar atau sakit di bagian tertentu, dapat segera meminta bantuan dan bawa ke rumah sakit.

Lepaskan sepeda motor

Kurang lebih berhubungan dengan poin nomor satu, jika dirasa sudah tidak tahan dan oleng, segera lepaskan pegangan pada setang dan segera lompat ke arah kiri menjauhkan motor. Perlu diingat, hal tersebut hanya boleh dilakukan apabila Anda sendiri yang membawa motor, jika sedang dibonceng, bilang pada yang membawanya pelan saja.

Teknik aman jatuh dari motor agar tubuh aman dan menghindari terjadinya banyak luka yang bisa saja timbul pada permukaan kulit. Setelah melepaskan genggaman dari sepeda motor, Anda dapat mulai ancang-ancang untuk melompat dari motor dan segera berguling ke kiri.

Segera ke rumah sakit

Jika terjadi luka serius, seperti tidak dapat bangun lagi ketika sudah terjatuh atau darah yang keluar cukup banyak, segera pergi ke rumah sakit. Minta bantuan orang sekitar untuk mengantar Anda ke rumah sakit terdekat.

Jika tidak terdapat luka satu pun di sekujur tubuh sebenarnya juga harus di periksa. Karena, biasanya terdapat luka di bagian dalam tubuh yang terjadi karena adanya benturan. Biasanya luka dalam dapat di rasakan beberapa jam atau hari setelah jatuh dan terkadang menimbulkan efek yang lebih parah.

Antisipasi menggunakan jaket, celana panjang, dan sarung tangan

Teknik aman jatuh dari motor hanya untuk mengantisipasi agar kondisi tubuh ketika terjatuh tidak terlalu parah. Namun, perlu juga di adakan persiapan sebelum bepergian dengan mengendarai motor.

Baca Juga  6 Tips Merawat Kampas Motor Agar Tidak Mudah Aus

Anda bisa menggunakan perlengkapan berkendara yang di anjurkan, yakni dengan menggunakan helm yang di kaitkan, jaket, celana panjang, serta sarung tangan. Pastikan ketika mengendarai motor dalam keadaan sadar.