Menu Tutup

Cara Parkir Mobil Paralel Dengan Mudah

Cara Parkir Mobil

Artikel berikut ini membahas tentang cara parkir mobil paralel dengan mudah. Bagi para pemula yang belum tahu bagaimana melakukan parkir paralel, simak artikel di bawah ini hingga selesai.

Cara Parkir Mobil Paralel dengan Mudah

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar mahir memarkir mobil paralel adalah dengan latihan dengan rutin. Latihan ini akan membuat pengendara tidak kaku dan terbiasa menghadapi medan parkir paralel. Dengan begitu, skill parkir akan semakin terlatih.

Namun, ada beberapa hal penting yang menjadi point penting untuk dilatih. Mulai dari cara menentukan lokasi parkir, hingga berlatih dengan teknik tertentu. Dengan melakukan hal tersebut, skill parkir paralel akan semakin meningkat.

Cari Lokasi Parkir

Salah satu cara parkir mobil paralel yang paling utama adalah mencari lokasi yang tepat. Tak semua lokasi bisa digunakan untuk parkir paralel. Begitu pula dengan zona parkir. Tak semua zona parkir merupakan zona untuk parkir paralel.

Biasanya terdapat area khusus untuk parkir paralel di sebuah tempat. Untuk memulai hal tersebut, pastikan Anda sudah mencari lokasi parkir yang memadai. Kemudian pastikan Anda mengetahui posisi mobil dengan baik agar bisa sejajar dengan mobil lainnya.

Beri Tanda Pengemudi Lain

Selanjutnya adalah dengan memberi tanda ke pengemudi lain. Caranya adalah dengan menyalakan lampu sen. Ini akan memberikan tanda bahwa Anda sedang parkir. Dengan memberikan tanda, pengemudi lain tidak akan menunggu mobil Anda selesai.

Hal ini juga berpengaruh terhadap kondisi Anda. Jika tidak ada mobil lain yang menunggu, Anda dapat parkir tanpa panik dan tergesa-gesa. Tips ini merupakan hal yang penting untuk diingat terutama bagi pemula yang masih sering panik dan tidak sabaran ketika parkir.

Baca Juga  Masalah Kopling Motor Yang Paling Sering Terjadi

Mulai Masuk Dengan Cara Mundur

Cara parkir mobil paralel mundur adalah salah satu cara paling mudah untuk melakukan parkir paralel. Caranya dengan memundurkan mobil dan masukkan bagian belakang terlebih dahulu sebelum bagian depan masuk ke zona parkir paralel.

Dengan cara ini, manuve dapat dilakukan dengan lebih mudah. Selain itu, memasukkan bagian depan sebelum bagian belakang akan mempersulit dan membuat waktu parkir menjadi lebih lama.

Gunakan Teknik Angka 8

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan teknik angka 8. Teknik ini dapat dilakukan jika Anda sudah memiliki banyak pengalaman dalam menyetir. Caranya adalah dengan membuat posisi mobil sejajar dengan mobil di samping.

Kemudian putar setir ke arah lokasi parkir paralel hingga sudut bagian belakang mobil masuk ke sudut zona parkir. Jika sudah, putar balik setir ke arah berlawanan. Sambil putar balik setir, maju dengan perlahan hingga mobil terparkir dengan sempurna.

Lihat Posisi Gas dan Rem

Posisi rem dan gas menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Terutama saat lahan parkir tidak begitu luas. Jangan menginjak gas terlalu dalam agar pergerakannya tetap lembut. Cara parkir mobil paralel matic ini penting untuk diingat.

Kemudian pastikan menginjak pedal gas dan rem secara seimbang. Gunakan spion untuk melihat posisi mobil. Hal ini dilakukan untuk menghindari tabrakan atau senggolan dengan mobil lain yang sudah terparkir.

Gunakan Rem Tangan Jika Perlu

Rem tangan akan diperlukan jika menggunakan mobil matic dan sulit untuk parkir paralel. Pastikan posisi tuas ada di posisi N untuk melakukan transisi automatic. Selain itu, penggunaan rem tangan pada parkir ini bergantung pada situasi dan kondisi.

Cara parkir mobil paralel di atas dapat dengan mudah di ikuti oleh siapapun. Kuncinya adalah selalu berlatih agar semakin lancar dan tidak mudah panik.