Menu Tutup

Cara Merawat Lensa Kamera Tapi Jangan Sampai Tergores

Lensa Kamera

Bagi Anda yang menyukai fotografi tentunya harus mengetahui cara merawat lensa kamera agar tidak ada bercak dan berjamur. Perawatan kamera harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Pasalnya, jika bagian lensa dibersihkan dengan asal-asalan, foto yang dijepret akan kurang bagus. Oleh karena itu, simak beberapa cara berikut ini.

Cara Merawat Lensa Kamera Yang Tepat

Lensa kamera terus-menerus berdampakan untuk dikembangkan oleh kotoran debu. Kotoran debu akan menghambat kualitas gambar yang kamu gunakan. Berikut kami berikan beberapa cara merawat lensa kamera versi kami sendiri.

Hindari Meniuo Lensa

Hal yang paling sering dilakukan oleh orang awam ialah meniup lensa kamera jika ada debu dan kotoran yang menempel. Ini sangat tidak dianjurkan karena bisa saja terdapat air ludah yang tidak sengaja keluar dari mulut. Selain itu, bisa saja partikel lain dapat menempel di kamera.

Oleh karena itu, cara merawat lensa kamera supaya awet ialah dengan tidak meniup, melainkan menggunakan alat khusus seperti air blower atau sikat khusus, atau lens cleansing pen yang sudah dirancang khusus untuk membersihkan bagian lensa kamera dari partikel yang mengganggu.

Memasang UV Filter

UV filter dipasang guna melindungi lensa kamera dari sinar ultraviolet. Selain itu, juga bisa melindungi kamera dari debu dan kotoran, juga menghindari goresan yang tidak sengaja terjadi. Tenang saja, alat yang satu ini tidak akan mengubah warna foto di kamera Anda.

Dengan memasang alat yang satu ini, lensa kamera akan terhindar dari bahaya yang bisa saja terjadi. Pilih UV filter yang berkualitas baik agar bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Menggunakan Lens Cleansing Pen

Lens Cleansing Pen juga bisa di gunakan untuk membersihkan lensa kamera karena ujungnya yang terbuat dari sikat mikro fiber. Bahan tersebut kurang lebih sama dengan spons, memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan merusak sisi lensa ketika di bersihkan. Bagian ujung tersebut bisa juga di gunakan untuk membersihkan noda lain.

Baca Juga  Performa Xiaomi Mi Band 3 Smartband Terjangkau untuk Semua Kalangan

Salah satu ujungnya menggunakan bahan karet, karet tersebutlah yang bisa membersihkan noda yang cukup sulit untuk di hapus. Sedangkan ujungnya yang terbuat dari mikro fiber di gunakan untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada sisi lensa kamera Anda. Pastikan pen ini juga di simpan dalam tempat yang bersih.

Jangan Terlalu Sering Membersihkan

Perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering membersihkan lensa juga akan memberikan dampak buruk. Hal tersebut di karenakan lensa kamera yang terus terkena goresan akan semakin tipis dan dapat menimbulkan kerusakan di sekitarnya.

Maka dari itu, cara merawat lensa kamera dengan benar ialah tidak membersihkannya terlalu sering. Bersihkan minimal sebulan sekali atau ketika di rasa ada kotoran yang mengganggu saat ingin menjepret gambar.

Membersihkan Debu Menggunakan Air Blower

Sudah di jelaskan di awal jangan meniup lensa kamera Anda, bersihkan bagian tersebut menggunakan air blower. Segala debu dan kotoran terkecil yang menempel di bagian lensa akan lebih mudah terangkat tanpa perlu menggunakan lap yang bisa saja merusak sisi lensa kamera.

Cara menggunakannya ialah dengan meletakkan lensa yang di hadapkan ke arah bawah. Kemudian, udara dari air blower dapat di berikan dari bagian depan. Dapat di ulang beberapa kali hingga lensa di rasa sudah bersih. Setelah di bersihkan, pastikan kamera di letakkan di tempatnya dengan hati-hati.

Menggunakan Sifat Khusus

Selain menggunakan air blower, Anda bisa menggunakan sikat khusus yang berserat lembut untuk membersihkan bagian lensa kamera. Pastikan menggunakan sikat tersebut dengan benar agar lensa terhindar dari goresan.
Anda bisa membeli sikat khusus tersebut di toko tempat kamera tersebut di jual. Cara merawat lensa kamera yang satu ini sering di sarankan oleh berbagai kalangan fotografer. Pastikan pula sikat yang di beli berkualitas tinggi agar bisa di gunakan dalam waktu yang lama.