Menu Tutup

Cara Merawat Komponen Motor Setelah Lebaran

Pada saat mudik lebaran, terkadang motor ditinggalkan di rumah atau di kos. Untuk merayakan lebaran tentunya membutuhkan waktu yang lama. Dengan itu, Anda perlu mengetahui cara merawat komponen motor setelah lebaran agar performa mesinnya masih tetap sama. Berikut beberapa komponen yang penting untuk disimak.

Cara Merawat Komponen Motor Setelah Lebaran

Radiator

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat motor setelah lebaran ialah dengan melihat bagian radiatornya. Komponen yang satu ini tidak boleh luput dari pemeriksaan. Pastikan mesin tidak menimbulkan gejala overheat.

Cara mengeceknya sangat mudah, Anda hanya perlu memastikan bagian tersebut tidak ada cairan yang bocor. Kemudian, cek juga bagian volume coolantnya yang harus berada dalam batas yang aman.

Rem

Hal yang harus diperhatikan dalam cara merawat komponen motor setelah lebaran lama ialah mengecek bagian rem. Bagian yang sangat sering digunakan oleh pengendara. Cek bagian rem, mulai dari kampas, minyak, dan juga piringannya.

Jika setiap bagian tersebut masih dalam keadaan aman, tetap harus di lakukan pembersihan untuk mencegah terjadinya penurunan performa. Perhatikan pula bagian kampas rem, jika di rasa sudah tipis, segera ganti dengan yang baru.

Kaki-kaki

Bagian kaki-kaki motor juga perlu di periksa, bagian komponen segitiga, suspensi, dan peleknya. Perhatikan bagian ban, jika dirasa sudah tipis, perlu di ganti dengan ban yang baru dengan tampilan dan fungsi yang berkualitas tinggi. Pastikan ban baru tersebut diisi angin agar saat di pakai berkendara tetap nyaman.

Selanjutnya, bagian suspensi, perlu di cek apakah ada atau tidaknya kebocoran pada bagian tersebut. biasanya kebocoran terjadi di karenakan benturan atau kotoran yang menempel. Yang terakhir ialah bagian pelek, ganti pelek apabila mengalami keretakan, pecah, atau bengkok.

Baca Juga  5 Cara Bawa Barang Banyak di Mobil Tanpa Ribet

Lampu

Hal yang paling sering di gunakan ialah bagian lampu motor. Perlu di cek bagian lampu depan dan belakangnya, bagian lampu sen, serta lampu saat mengerem. Pastikan semua lampu tersebut dapat menyala jika tombolnya di tekan.

Jika lampu tidak berfungsi seperti yang seharusnya, maka perlu di ganti dengan yang baru. Anda bisa pergi ke bengkel untuk meminta bantuan pekerjanya mengganti bagian tersebut sehingga motor dapat kembali di gunakan dengan normal.

Injeksi atau karburator

Bagian yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dalam proses pengecekan kondisi motor setelah lebaran. Anda bisa menggunakan jasa orang bengkel untuk mengecek bagian yang satu ini karena akan sulit jika di lakukan secara pribadi. Apalagi komponen ini sangat penting untuk sistem yang menghidupkan motor.

Cara merawat komponen motor setelah lebaran untuk Anda perhatikan ini dapat di lihat pula pada bagian bahan bakarnya. Karburator motor dapat mengukur sejauh mana bahan bakal yang di berikan pada motor. Selain itu, bagian ini juga harus rutin di bersihkan untuk menghindari mesin yang bisa saja mati mendadak.

Oli mesin

Komponen selanjutnya yang tidak kalah penting ialah oli mesin. Jangan lupa untuk menghitung jarak rutin untuk mengganti oli agar kinerja motor tetap terjaga. Jika sudah waktunya untuk mengganti, segera ganti menggunakan pelumas dengan kualitas baik.

Anda juga bisa menambahkan volume oil yang berasal dari di pstick ketika langsung menggunakan motor dalam jarak tempuh yang cukup jauh. Cek juga kondisi motor ketika di gunakan dalam jarak tersebut.

Aki

Mengecek bagian aki juga menjadi salah satu cara merawat komponen motor setelah lebaran. Bisa coba mengaturnya dalam tegangan kisaran 10,8 volt yang bersifat normal pada saat kruk di gerakkan. Jika hal tersebut normal maka lihat fisik aki tersebut.

Baca Juga  Cara Merawat Smart Key Motor Agar Tidak Mudah Rusak

Aki yang normal tidak terdapat serbuk putih yang menempel pada bagian kepalanya, jika ada maka segera bersihkan dengan baik agar pasokan listrik pada motor dapat di hambat.