Menu Tutup

Bermain Game di Konsol atau PC? Mana yang Lebih Untung?

PC VS Console

Bermain game di konsol atau PC, mana yang lebih baik dan untung? Memilih bermain game entah di konsol atau PC rupanya kadang menjadi dilema bagi sebagian orang. Karena memang kedua hal tersebut memiliki plus minusnya sendiri. Agar lebih mudah untuk memilih di antara dua pilihan tersebut, Anda bisa mencoba dengan mempertimbangkan keenam hal ini.

Ketahui 6 Hal Ini sebelum Memilih Bermain Game di Konsol atau PC

Sesuaikan budget

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah budget. Bermain di konsol umumnya memiliki budget yang lebih rendah daripada PC. Hal ini disebabkan karena PC memerlukan banyak peralatan dan perangkat untuk dibeli.

Mulai dari layar, motherboard, keyboard, mouse, dan lain-lain. Belum lagi jika merakit sendiri PC yang memerlukan biaya tak terduga. Oleh karena itu, menentukan budget sangatlah penting dalam hal ini.

Faktor kebutuhan

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah kebutuhan. Apakah Anda butuh untuk bermain game saja atau ada kebutuhan lainnya. Dalam hal ini, bermain game di PC lebih menghadirkan banyak fungsi dibandingkan dengan konsol.

Berbeda dengan konsol yang hanya bisa digunakan untuk bermain game saja, PC memiliki banyak fungsi lainnya. Sebagai contoh, PC bisa digunakan untuk bekerja, kuliah, menonton film, dan lain-lain. Ini merupakan salah satu kelebihan bermain game di konsol atau PC.

Kenali gaya bermain

Gaya bermain game juga dapat menjadi pertimbangan. Jika Anda lebih terbiasa bermain game di smartphone sebelumnya, maka game konsol lebih cocok untuk dipilih. Hal ini terjadi karena manuver yang digunakan tidak jauh berbeda antara konsol dan smartphone.

Sedangkan jika sebelumnya lebih sering bermain di depan layar yang lebar dengan perangkat seperti mouse dan keyboard, PC menjadi pilihan. Utamakan kenyamanan dalam bermain agar tidak menyesal di akhir nanti.

Baca Juga  Cara Merawat Lensa Kamera Tapi Jangan Sampai Tergores

Perhitungkan biaya membeli atau sewa game

Baik game konsol ataupun PC sama-sama harus membeli game agar dapat di mainkan. Namun, tentu saja harga yang di tawarkan pada konsol dan PC berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan budget Anda bisa memenuhi salah satunya.

Jika masih tidak memungkinkan ada cara lain yang dapat di gunakan yaitu dengan cara menyewa game secara resmi. Menyewa game ini dapat di lakukan secara berkala dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada membeli langsung.

Sediakan biaya maintenance

Biaya perawatan menjadi salah satu hal yang harus di pertimbangkan ketika bingung pilih bermain game di konsol atau PC. Tentu saja PC memiliki biaya perawatan yang lebih besar daripada konsol.

Oleh karena itu, hal ini harus menjadi pertimbangan. Jika memang tidak masalah terkait biaya perawatan, Anda bisa bebas memilih media untuk bermain game yang paling sesuai dengan keinginan dan gaya bermain.

Perhatikan ketersediaan tempat

Ketersediaan tempat juga turut menjadi hal yang perlu di pertimbangkan. PC akan memakan lebih banyak ruang di rumah di bandingkan dengan konsol. Anda memerlukan meja dan space khusus agar bisa memiliki tempat untuk bermain game.

Berbeda dengan PC, konsol lebih praktis dalam hal kebutuhan ruang. Hal ini di sebabkan karena pada umumnya konsol memiliki bentuk yang compact dan mudah di simpan. Oleh karena itu, konsol tidak membutuhkan ruang yang besar jika di bandingkan dengan PC.

Setelah membaca artikel di atas, kini Anda tahu bagaimana cara memilih antara bermain game di konsol atau PC. Pastikan bijak dalam mengambil keputusan setelah mempertimbangkan keenam hal utama yang sudah di paparkan pada tulisan di atas.