Menu Tutup

9 Tips Membeli Mobil Listrik yang Terbaik

Mobil Listrik

Sebelum membeli, ada baiknya mempertimbang beberapa tips membeli mobil listrik agar tidak salah langkah. Mobil listrik perlahan dilirik oleh masyarakat setelah adanya instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk beralih dari kendaraan dengan sumber energi fosil.

Untuk menarik minat masyarakat, pemerintah membuat beragam strategi antara lain pemberian insentif dan subsidi hingga pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Agar Anda lebih yakin untuk memilih mobil listrik, simak beberapa tips berikut.

Ini Dia Tips Membeli Mobil Listrik Terbaik

  • Jarak Tempuh Mobil

Jarak tempuh menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan. EV normal mampu berkendara sampai 80 – 100 mil. Ketika penggunaan biasa berlangsung, daya dan kapasitas baterai akan berkurang. Jika pengemudi melakukan perjalanan lebih dari 100 kilometer, disarankan untuk mempertimbangkan hal ini sebelum membeli mobil.

  • Kebutuhan

Kendati pemerintah menganjurkan penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi, tidak semua pihak cocok untuk memilikinya. Anda bisa membeli mobil sesuai kebutuhan dengan mengedepankan kepraktisan. Jika pengemudi kerap melakukan perjalanan lebih dari 200 kilometer setiap hari, penggunaan mobil listrik dirasa tidak tepat. Akan tetapi pengguna dapat memutuskan untuk mempunyai dua jenis kendaraan, mobil listrik dan mobil bensin.

  • Kondisi Mobil

Mengingat mobil listrik mulai dilirik masyarakat sehingga terus masuk ke dalam pasar, tidak terkecuali adanya pertumbuhan dealer kendaraan bekas. Apabila pengguna memutuskan untuk membeli kendaraan bekas, pastikan kondisi fisik dan mesin yang meliputi karat, ban, dan jarak tempuh dalam kondisi baik. Pada banyak kasus, mobil konversi tidak mempunyai sistem pengereman yang generatif, dengan demikian perlu dilakukan pergantian.

Tips membeli mobil listrik terjangkau untuk membeli kendaraan bekas dan baru kembali lagi ke kondisi Anda. Keputusan bisa diambil berdasarkan kondisi finansial agar tidak terlalu terbebani.

  • Pengisian Daya

Sebelum membeli, pastikan di sekitar domisili Anda tersedia lokasi pengisian listrik publik. Alternatif  lain, pengguna dapat memilih untuk memasang stop kontak khusus untuk mengisi baterai mobil di garasi rumah. Akan tetapi pastikan apakah pengisi daya sudah cukup memenuhi kebutuhan mobil. Untuk memastikannya, dapat menanyakan langsung pada teknisi yang melakukan pemasangan stop kontak.

  • Keadaan Baterai Beserta Garansi

Tips membeli mobil listrik berkualitas berikutnya adalah apabila mobil yang di gunakan adalah bekas, pastikan untuk melakukan uji jangkauan kondisi baterai terlebih dahulu. Umumnya produsen akan memberikan jaminan baterai selama kurang lebih 8 tahun atau 100.000 mil penggunaan. Kendaraan akan memberikan data yang relevan pada saat kondisinya baik. Data tersebut meliputi voltase dan suhu mesin.

  • Pilih Daya Ramah Lingkungan

Meskipun di anggap lebih ramah lingkungan di banding kendaraan berbahan bakar bensin, masih ada kritik bahwasanya tenaga mobil listrik atau EV masih menggunakan batu bara. Pengguna mobil dapat mempertimbangkan pengisian daya listrik yang bersumber dari energi baru dan terbarukan. Meliputi energi angin, air, ombak, dan matahari.

  • Pengisian Daya pada Fasilitas Umum

Hal lain yang perlu di periksa ketika membeli mobil listrik adalah kondisi port EV. Pastikan apakah port kompatibel dengan port yang ada pada fasilitas pengisian daya umum. Sebagai contoh, beberapa mobil di rancang dalam bentuk port fase tunggal standar yang tidak cocok dengan port di beberapa fasilitas SPKLU.

  • Opsi Pemasangan Home Charge
Baca Juga  Jangan Salah Pilih! Ini Tips Memilih Helm Motor yang Nyaman Dipakai

Pengguna juga bisa mempertimbangkan opsi pemasangan port untuk pengisian daya di rumah karena lebih hemat. Adapun dana yang di butuhkan sekitar Rp15.000.000 tergantung kondisi dan instalasi yang akan di pasang.

  • Kemungkinan Update Perangkat

Keuntungan yang bisa di peroleh dari kepemilikan mobil listrik adalah kemudahan untuk memperbarui perangkat lunak kontrol dan firmware. Sebagai contoh pada Tesla S, pengalaman berkendara akan meningkat ketika perbaikan bug di lakukan secara berkala.

Untuk itu sebelum transaksi, lakukan tips membeli mobil listrik dengan  konfirmasi ke penjual apakah mobil listrik di rancang dengan adanya pembaruan perangkat. Semoga artikel ini bermanfaat.