Menu Tutup

6 Cara Agar Motor Tidak Mudah Dicuri Saat Diparkir di Luar Rumah

Ilustrasi Motor

Anda perlu mengetahui cara agar motor tidak mudah dicuri berikut ini. Terutama jika Anda takut motor kecolongan atau pernah mengalaminya sendiri. Apalagi di zaman sekarang banyak orang yang dengan tidak memikirkan hukuman negara mengincar motor mahal yang bukanlah miliknya dengan cara mencuri. Lalu bagaimana agar motor Anda tetap aman meski diparkir di luar rumah?

Begini Cara Agar Motor Tidak Mudah Dicuri Orang

Ada banyak cara yang dapat kalian lakukan motor kita tidak mudah untuk di curi orang, berikut kami berikan beberapa tips dan trick agar motor kesayangan kita tidak di curi orang.

Pasang pengaman tambahan

Motor masa kini sudah dilengkapi dengan kunci pintar yang bisa menghidupkan alarm secara otomatis sehingga motor menjadi lebih aman saat ditinggalkan. Namun, Anda bisa menggunakan pengaman tambahan sebagai salah satu cara agar motor tidak mudah dicuri oleh pencuri dengan mudah. Caranya dengan menggunakan gembok di motor.

Gembok tersebut dapat di pasang di area depan motor tepat di bagian cakram rem. Motor akan lebih sulit di kendarai atau di pindahkan. Cara yang satu ini sudah terbukti efektif. Memindahkan motor yang sudah di gembok, tidak ada cara lain, yakni dengan cara mengangkatnya, tentu saja pencuri sudah menyerah duluan.

Parkir di tempat yang aman

Cara yang paling mudah selanjutnya ialah dengan memarkirkan motor di tempat yang aman dan sulit untuk dikeluarkan. Pastikan motor di parkirkan dengan aman dan minim jalur untuk pencuri.

Jangan memarkirkan motor di tempat yang sepi, apalagi di kawasan yang gelap di malam hari. Parkirkan saja di tempat yang ramai. Jangan takut untuk membayar parkir daripada motor hilang begitu saja.

Baca Juga  Cara Merawat Komponen Motor Setelah Lebaran

Kunci stang

Cara lain untuk mencegah motor Anda di curi ialah ketika sedang parkir motor di kawasan terbuka, pastikan melakukan kunci stang. Kunci stang merupakan tindakan yang paling sederhana, tetapi bisa membuat motor jauh lebih aman. Di sarankan agar motor di arahkan ke kanan yang sudah terbukti lebih aman dari kasus pencurian.

Dengan melakukan kunci stang akan menyulitkan si pencuri untuk mendorong motor Anda ke tempat yang berbeda. Pasalnya perlu menggunakan kunci asli dari motor tersebut agar motor bisa di gerakkan seperti pada umumnya. Maka dari itu, jangan lupa mengunci stang walau hanya pergi ke warung terdekat maupun rumah kerabat.

Pasang alarm

Penggunaan alarm sangat di sarankan, apalagi bagi Anda yang memiliki motor keluaran terbaru. Jika mengaktifkan fitur alarm tersebut, ketika motor terkena sentuhan, otomatis akan berbunyi sehingga bisa melihat siapa yang menyentuh motor tersebut. Alarm yang berbunyi tentu saja sudah di rancang oleh tenaga otomotif agar bisa berbunyi kencang.

Cara agar motor tidak mudah dicuri maling yang satu ini sangatlah efektif. Anda bisa langsung melihat ke arah motor, jika di sentuh oleh maling, tentu saja maling tersebut akan panik. Jika benar yang menyentuh motor ialah maling, bisa berteriak dengan kencang agar maling tersebut dapat di tangkap oleh warga sekitar.

Gunakan Keyless Ignition System

Keyless merupakan salah satu fitur yang pasti ada pada motor, apalagi motor dengan keluaran terbaru. Banyak manfaat yang akan di dapatkan dari penggunaan fitur yang satu ini. Salah satunya ialah pencegahan pencurian motor dari maling.

Secara otomatis motor tidak akan menyala jika kuncinya berada dalam jarak lebih dari 1 meter. Dengan itu, akan menyulitkan pencuri untuk mengambilnya. Pastikan juga nyalakan alarm dan mengunci stang agar motor lebih aman.

Baca Juga  7 Tips Merawat Baterai Motor Listrik Supaya Awet

Menggunakan Cover Motor

Jika motor tidak di gunakan dalam beberapa waktu, coba untuk menggunakan cover motor. Cover tersebut berguna untuk menghindari paparan sinar matahari langsung atau debu dan kotoran yang bisa saja menempel pada motor.

Pencuri tentu akan berpikir dua kali jika melihat motor yang sudah tertutup cover. Akan memakan waktu untuk membuka cover tersebut. Apalagi jika Anda menghidupkan alarm walaupun motor tertutup cover.

Demikian cara agar motor tidak mudah dicuri, terutama jika Anda sering memarkirnya di luar rumah atau gedung. Semoga bermanfaat.